Adalah suatu kebahagiaan tersendiri bila apa yang kita miliki juga dapat memberikan makna positif bagi orang lain. Dengan sesanti : Melu udhu senadyan mung sak klungsu, semoga apa yang tersaji dalam blog ini dapat memberikan secercah cahaya untuk Anda.

Rabu, 28 November 2012

Wisata Kereta Api

Desa Kalibarumanis adalah wilayah paling Barat kecamatan Kalibaru, sekaligus juga bagi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Di desa ini lah terdapat terowongan sebagaimana dapat di lihat pada gambar di sebelah kiri. Terowongan ini lebih di kenal dengan sebutan "Terowongan Mrawan" karena letaknya hanya beberapa meter di sebelah timur stasiun Kereta Api Mrawan (wilayah kabupaten Jember). Melihat tulisan yang tertera pada dinding, terowongan ini di bangun pada tahun 1901-1902 dan dioperasikan pada tahun 1910.

Pihak PT.KAI (Persero) wilayah Daop 9 Jember menawarkan paket wisata Lori Wisata Kaliraga (Kalibaru-Mrawan-Garahan,pp), Dengan biaya sewa Rp. 500 ribu, lori ini bisa mengangkut 8 orang. Anda dapat menikmati tempat paling eksotik agrowisata perkebunan kopi, cokelat, hutan pinus dan panorama Gunung Gumitir. Cukup merogoh kocek sebesar Rp. 2.500,-,  Anda dapat menikmati kuliner nasi pecel pincuk Garahan sembari istirahat sejenak di Stasiun Garahan. Lori Wisata ini berangkat dari Stasiun Kalibaru menuju Stasiun Mrawan dan berakhir di Stasiun Garahan, dan kembali lagi ke Kalibaru. Wisatawan dapat melihat langsung dan melintasi 2 terowongan kereta api yaitu Terowongan Garahan (113m) dan Terowongan Mrawan (690m).

Dari pengalaman, ternyata Tour lori baru akan dimulai sekitar jam 2 siang saat tidak ada lagi KA api lain seperti Mutiara Timur melintasi stasiun ini dan jalur yang akan kami leawati sehingga perjalanan akan lebih nyaman dan aman.

(sumber : http://www.kereta-api.co.id/layanan-produk/kereta-wisata.html)